PESACH DAN YOM KIPPUR

Tepat menjelang hari Paskah (Yom Pesach), Yesus masuk ke kota Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai, dan tepat di hari Yom Kippur (the Day of Atonement) Muhammad SAW juga masuk ke kota Madinah dengan mengendarai seekor onta. Kota ini disebut Medinta oleh kaum Yahudi, dan disebut Yatsrib oleh kaum Arab; dan di kota inilah Sang Nabi SAW memasukinya dengan mengendarai seekor onta menjelang Yom Kippur dan disambut secara masif oleh masyarakat di sana.

Berkaitan dengan nama kuno Yatsrib atau Medinta tersebut, Prof. Philip K. Hitti menyatakan:

“Yathrib (Y-th-r-b of the Sabaean inscriptions, Jathrippa of Ptolemy)… In the hands of its Jewish inhabitants, the banu Nadir and banu Qurayzah, the town became a leading agricultural centre… It was possibly these Aramaic-speaking Jews who changed the name Yathrib into Aramaic Medinta, the explanation of the name al-Madinah (Medina) as “the town” (of the Prophet) being comparatively late one. The two leading non-Jewish tribes were the Aws and the Khazraj, who came originally from al-Yaman”, see Philip K. Hitti. “History of the Arabs: from the Earliest Times to the Present” (New York: the Macmillan Company, 1951), p. 104

Yom Kippur adalah hari ke-10 bulan Tishri – ‘Asora de Tishri (Imamat 16:29), sejajar dengan hari ke-10 bulan Muharram – ‘Ashura min Muharram. Prof. Reuven Firestone menyatakan:

“The Yom Kippur fast is probably the same fast as the evening-to-evening ‘Ashura fast on the tenth of the Islamic month of Muharram, introduced by Muhammad to the community of Medina in 622. In fact, the Arabic name ‘Ashura may well derive from the Aramaic name for Yom Kippur ‘Asora de Tishri meaning “tenth of Tishri (Leviticus 16:29)… In the ancient Jerusalem Temple, elaborate rituals took place on Yom Kippur, the holiest day of the calender year, to expiate or atone for the sins of the community of Israel”, Reuven Firestone. “Children of Abraham: An Introduction to Judaism for Muslims” (New York: Ktav Publishing House, Inc., 2001), p. 173

Berkaitan dengan keistimewaan hari Pesach (Paskah) dan Yom Kippur (Hari Penebusan) tentu saja hal Ini berkaitan dengan kemunculan 2 orang yang kehadirannya sangat dinantikan pada saat Pesach dan Yom Kippur tersebut. Hal ini sesuai dengan nubuatan akan adanya 2 orang istimewa yang akan datang, yang nantinya mereka masing-masing akan mengendarai seekor keledai dan seekor onta, sebagaimana yang termaktub dalam kitab Zohar yang dikompilasi oleh Rabbi Shimon bar Yochai (Rashbi), generasi Tana’im; dan beliau adalah murid langsung dari Rabbi Akiva ben Yoseph, see Rabbi Itzhak Shapira. “The Return of the Kosher Pig. The Divine Messiah in Jewish Thought” (Clarksville, Maryland: Lederer Books, 2013), p. 295. Bila Rabbi Shimon bar Yochai (Rashbi) adalah murid langsung dari Rabbi Akiva ben Yoseph, maka Rabbi Akiva sendiri adalah murid langsung dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus (Eliezer ha-Gadol), dan Onkelos sendiri, sang penulis Targum Onkelos ternyata beliau juga murid langsung dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus (tractate Megillah 3a), see Israel Drazin and Stanley M. Wagner. “Onkelos on the Torah: Understanding the Bible Text. Genesis.” (Jerusalem: Gefen Publishing House, 2011), p. xviii.

Selain termaktub dalam kitab Zohar yang dikompilasi oleh Rabbi Shimon bar Yochai (Rashbi), nubuatan tentang munculnya 2 orang istimewa yang akan datang itu, ternyata juga termaktub dalam kitab Pirke de Rav Eliezer, yang dikompilasi oleh Rav Eliezer ben Hyrcanos, murid langsung dari Rabbi Yochanan ben Zakkai (1-80 M.). Bila Rabbi Shimon bar Yochai (Rashbi) murid langsung dari Rabbi Akiva ben Yoseph (50-132 M), maka Rabbi Akiva ben Yoseph (50-132 M) adalah murid langsung dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus (Eliezer ha-Gadol). Dengan demikian fakta sejarah justru membuktikan bahwa Rabbi Akiva ben Yoseph (50-132 M.) adalah murid langsung dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus; dan Rabbi Eliezer ben Hyrcanos sendiri adalah murid langsung dari Rabbi Yochanan ben Zakkai (1-80 M.), dan Rabbi Yochanan ben Zakkai adalah murid langsung dari Rabbi Hillel the Elder, see Jacob Neusner. “The Dictionary of Ancient Rabbis” (Massachusetts: Hendrickson Publishers, 2003), pp. 53-54, 239.

Jadi, Rabbi Shimon bar Yochai, murid Rabbi Akiva ben Yoseph; dan Rabbi Akiva ben Yoseph, murid Rabbi Eliezer ben Hyrcanus. Rabbi Eliezer ben Hyrcanus juga punya murid yang lain, yakni Onqelos yang menyusun Targum Onkelos. Dengan demikian, Onkelos dan Rabbi Akiva ben Yoseph adalah saudara seperguruan yang mewarisi sanad keilmuan secara langsung dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus. Oleh karena itulah, kedudukan kitab utama, yakni kitab Zohar, Targum Onkelos dan Pirke de Rav Eliezer ketiganya sederajat dan memiliki otoritas yang sama dalam Judaism.

Bulan Muharram adalah Ra’su Shanah dalam Islam, sejajar dengan Bulan Tishri adalah Rosh ha-Shanah dalam Judaism.

Selamat. מזל אחים (mazel achim). Anda telah menunaikan ibadah puasa Yom Kippur (‘Asora) dan selamat bagi Anda yang telah berpuasa pada hari ‘Ashura.

Damai sejahtera bagi Anda semua.

This entry was posted in Interfatith Dialog. Bookmark the permalink.