Quran dalam Bahasa Kuno

Shalom ‘aleychem
Assalamu ‘alaykum

Quran-bhs-kuno-1.jpgQuran-bhs-kuno-2.jpgQuran-bhs-kuno-1.jpg

Quran dalam Bahasa Kuno

בסמ ללה אלרחמן אלרחים

Anda bisa bayangkan bagaimana ادم ( Adam ) berbicara kepada istrinya, serta Habil berbicara kepada Qabil (Kain) pada masa lalu? Anda juga bisa bayangkan bagaimana نوح ( Nuh ) berbicara kepada kaumnya pada masa lalu? Menurut peletak dasar ilmu sosiologi yang bernama Ibn Khaldun, bahasa Amazight adalah bahasa kuno yang dipakai oleh Adam. Bahasa kuno yang disebut bahasa Amazight ini hingga kini masih menggunakan aksara ‘semacam huruf Hiroglif’, mirip bahasa Koptik di Mesir yang dituturkan oleh Fir’aun. Ibnu Khaldun mengulas bahasa Amazight ini dalam kitabnya yang berjudul Al-Muqaddimah.

Sementara itu, menurut para historian dan arkheologi, bahasa kuno yang dituturkan oleh Nabi Nuh adalah bahasa Armenian. Armenia, the language of Noach and the land of Noach.

Ini ada dua buah Quran, yang satu berbahasa Amazight, dan satunya lagi berbahasa Armenia. Melalui pembacaan Quran berbahasa Armenia, kita seakan-akan bercakap-cakap dng Nabi Nuh dalam bahasa aslinya. Dan ketika kita membaca Quran dalam bhs Amazight, kita seakan-akan berdialog dng Adam dalam bahasa aslinya pula. Kini bahasa tuturan Adam masih tetap dilestarikan, dan bahasanya Nabi Nuh juga masih tetap dilestarikan, keduanya merupakan warisan Adam dan Nabi Nuh, meskipun tentu saja ada perubahan2 karena rentang/ jarak zaman yang begitu panjang. Sama dng bhs Koptik adalah warisan dari Firaun, dan bahasa Ibrani juga warisan dari Nabi Musa. Keduanya bukan juga tidak ada pergeseran dan perubahan2.

Quran bhs Amazight dan bhs Armenia ini adalah bukti pewarisan bahasa kuno, yang akan membawa kita ke lorong waktu menembus masa lalu dan menelisik Zaman Batu. Amazing ……

Inilah bhs Amazight, bhs sang manusia pertama, yakni ADAM

Darbulqhwa d butiram.
Righ’adskusgh legwa.
Righyan lkas laqwa dukfay dyat timimt.
Zarmayra umdakl inu.
Mayka wassangn leqwayan. ……..

Baruch HASHEM

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *