Membincang Kitab Suci dan Menakar Akar Bersama dalam Agama-agama (Common Ground)

שלום עליכם
السلام عليكم

Kajian “Membincang Kitab Suci dan Menakar Akar Bersama dalam Agama-agama (Common Ground).” Sabtu, 11 Agustus 2018 di Pondok Pesantren Al-Fawa, Jember – Jawa Timur.

Dihadiri oleh komunitas beragam agama, dari berbagai kalangan, di antaranya para Kyai dan akademisi (Muslim), para Pendeta (Kristen), Bante (Budha), komunitas Yahudi, dan komunitas Penghayat Kepercayaan. Dan, salah satu cendekiawan Muslim yang hadir di forum tersebut adalah Sdr. Sadullah Affandy. Beliau penulis buku berjudul “Menyoal Status Agama-agama pra-Islam” (Bandung: Mizan, 2013).

Pada acara tersebut saya juga sampaikan secuil informasi terkait relasi agama-agama rumpun Arya dan rumpun Semit (Timur Tengah), sebagaimana yang saya jelaskan dalam buku saya “Aryo-Semitic Philology: the Semitization of Vedas and Sanskrit Elements in Hebrew and Abrahamic Texts (Surabaya: Airlangga University Press, 2018).

Insya Allah, tgl. 30 September 2018 mendatang akan dirancang tema lanjutan, yang akan digelar kembali di kota Jember, dan komunitas Hindu atau pun komunitas Konghucu akan dilibatkan. Semoga kegiatan nanti akan didukung oleh berbagai elemen keagamaan lainnya, yang saling berbagi dan berbakti demi melapangkan dan merayakan kebhinekaan kita, dan demi adanya paduan harmonis antara keagamaan, kebangsaan dan kebudayaan.

This entry was posted in Interfatith Dialog. Bookmark the permalink.